Tanggal Hari Ini : 19 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
100 TRILIUN dari Remittance TKI
Selasa, 24 Mei 2016 04:01 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Ditengah situasi perekonomian nasional yang masih lemah, Indonesia harus berterima kasih kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berjibaku membanting tulang mencari nafkah di negeri orang.

Meski agak ironi. ditengah negeri yang gemah ripah loh jinawi, subur, dengan kekayaan laut yang luas, dan bentangan sawah yang lebar, hutan, tambang, dan beribu potensi kekayaan alam lainnya, masih sulit bagi anak negeri untuk mencari penghidupan yang layak di negeri sendiri.
Seperti yang dilansir Pusat Penelitian dan Informasi (Puslitfo) BNP2TKI, diberbagai media, para TKI yang bekerja di luar negeri, pada tahun 2015 lalu telah menyumbangkan devisa kepada negara Indonesia, dalam bentuk remittance yang dikirimkan ke Indonesia sebesar lebih dari Rp100 triliun, tepatnya sebesar US$ 8,6 juta.
Remittance terbesar berasal dari TKI yang bekerja di Malaysia, Taiwan, Hongkong, kemudian disusul dari negara Arab Saudi, Uni Emirates Arab, Amerika, Eropa dan Australia, dan beberapa negara lainnya . Tren pengiriman remittance para TKI yang bekerja di luar negeri setiap tahun terus mengalami peningkatan.
Berdasarkan segmentasi kerja, diperoleh data bahwa tahun 2015 sebanyak 275.736 TKI yang bekerja keluar negeri, sebesar 55 persennya adalah TKI yang bekerja di sektor formal, sedangkan 45 persen sisanya bekerja disektor nonformal.
Pemerintah, melalui BNP2TKI terus mendorong agar para TKI yang bekerja di luar negeri bekerja di sektor formal, selain karena mendapatkan kepastian kerja dan perlindungan yang memadai, gaji yang diperoleh juga lebih tinggi.
Sementara berbagai pihak didorong untuk turut membantu para TKI dengan memberikan bekal pengetahun kewirausahaan yang berguna bagi para calon purna TKI saat kembali ke Indonesia.

Tenaga kerja indonesia, Remittance TKI, peluang kerja diluar negeri

Para TKI sedang mengadu nasib di Jepang. Kanan : Para TKW Hongkong.


 

Rindu Pulang
Sejumlah TKI yang ditemui Majalah Wirausaha di Negeri Sakura, Jepang beberapa waktu lalu mengungkapkan, banyak para TKI yang bekerja di negeri orang rindu pulang ke Indonesia.
Sebagian besar ingin pulang ke Indonesia dan membuka usaha sendiri.
Seperti yang diungkapkan Abdul Haris, pria asal Planjan, Langkap, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah ini.
Aris telah lebih dari tiga tahun bekerja di sebuah perusahaan elektronik di Saitwaken, Tokorozawashi, Shimotomi, Jepang, dan tak berniat untuk memperpanjang kontrak kerja pada periode berikutnya.
Ia berharap dapat membuka usaha sendiri di Brebes, dengan pengalaman dan modal yang diperoleh selama ia bekerja di Jepang
Ungkapan senada juga disampaikan Liliani, sebut saja begitu.
Wanita asal Ponorogo, yang minta dirahasiakan namanya ini lebih dari empat tahun bekerja disebagai asisten panti wredha di Hong kong. Ia telah membulatkan tekad untuk segera pulang ke Indonesia setelah kontrak kerjanya selesai.
“Saya ingin berwirausaha di Indonesia. Di Hongkong saya sudah belajar banyak dan insya Allah saya siap untuk memulainya,” ujarnya.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari