Tanggal Hari Ini : 19 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Edukasi Keuangan dan Perbankan Untuk Para Calon TKI
Selasa, 05 April 2016 04:33 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bank BUMN dengan aset terbesar dan jaringan terluas, berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk nasabahnya dengan setulus hati. Salah satu nasabah yang menjadi perhatian BRI adalah para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang kerja di luar negeri.

“BRI ingin TKI dapat melakukan pengiriman uang kepada keluarganya di Indonesia secara cepat, aman, mudah, terpecaya, serta biaya yang kompetitif melalui layanan BRIfast Remittance. BRIfast remittance adalah layanan pengiriman uang dimana BRI bekerja sama dengan agent/rekanan/partner remittance di luar negeri (bank/non-bank) yang terpecaya,” ujar M. Taufik Efriyanto, Kepala Bagian Pemasaran Remittance Divisi Bisnis Internasional BRI.

Pengiriman uang melalui BRIfast Remittance,  menurut Taufik, jauh lebih mudah dan lebih cepat sampai ke tujuan. Hal ini dikarenakan BRI didukung dengan unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Peduli Sejak Awal

Sebagai bentuk wujud keperdulian terhadap pemberdayaan kepada masyarakat terutama segmen TKI, maka 15 Maret 2016 lalu dilaksanakan kegiatan Edukasi Keuangan Layanan Perbankan Bank Rakyat Indonesia Kepada Segmen Tenaga Kerja Indonesia di wilayah Brebes, Jawa Tengah.

Kegiatan dihadiri oleh para calon Tenaga Kerja Indonesia, TKI aktif,  TKI Purna, dan beberapa pihak terkait. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut, menurut Taufik  adalah memberikan edukasi mengenai berbagai ragam pelayanan perbankan Bank BRI untuk segmen TKI yang merupakan upaya perwujudan financial inclusion perbankan kepada segmen TKI.

bri, Bank rakyat indonesia, Edukasi Keuangan dan Perbankan  Untuk Para Calon TKI,Produk Kredit Usaha Rakyat (KUR), BRIfast Remittance Bank BRI

Menurut Taufik, pelayanan yang diberikan meliputi pelayanan  pra keberangkatan berupa penyediaan fasilitas Kredit Usaha Rakyat TKI yang dipergunakan untuk membiayai pengurusan dokumen dan segala biaya terkait lainnya (asuransi, tiket, pelatihan dan sebagainya) untuk persiapan keberangkatan seorang calon TKI, fasilitas pembukaan Produk Tabungan Britama TKI dan Simpedes TKI yang dipergunakan untuk menabung penghasilan / nafkah selama bekerja di LN serta sarana menerima transfer pengiriman uang dari luar negeri kepada keluarga di tanah air.

Adapun pelayanan selama di luar negeri, lanjutnya,  berupa fasilitas  pengiriman uang dari TKI di luar negeri kepada keluarganya di tanah air yang dilaksanakan melalui produk BRIfast Remittance Bank BRI yang telah memiliki 47 mitra pelayanan pengiriman uang dari berbagai negara di luar negeri.

BRI, menurut Taufik juga menyediakan  fasilitas pelayanan setelah kembali ke tanah air berupa penyediaan Produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam bentuk modal kerja dan investasi bagi TKI Purna yang telah kembali ke tanah air dan berencana akan mengembangkan kegiatan ekonomi produktif (memiliki usaha sendiri), penyediaan Produk Kemitraan Agen BRIlink yang merupakan implementasi konsep branchless banking service (laku pandai) dalam bentuk pelayanan perbankan oleh pihak ketiga yang sekaligus memberikan peluang pengembangan usaha bagi UMKM.

Dalam kegiatan edukasi keuangan layanan perbankan Bank Rakyat Indonesia Kepada segmen tenaga kerja Indonesia di wilayah Brebes dilaksanakan juga kegiatan live demonstrasi audio video conference pengiriman uang dari Malaysia ke rekening Bank BRI kepada peserta calon TKI yang hadir di kegiatan tersebut dimana pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia hanya membutuhkan waktu 3 detik saja.

Brebes adalah penyumbang devisa dari TKI terbesar ketiga di Jawa Tengah setelah Pati dan Kendal, dengan devisa yang ditransfer melalui BRI sebesar Rp126 miliar. 

 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari