Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Lokakarya Terbatas, Peranan Sukuk berdenominasi Rupiah dalam Penyediaan Pendanaan Jangka Panjang di Indonesia
Selasa, 05 April 2016 03:34 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Dalam rangka mendorong minat korporasi di Indonesia untuk menerbitkan sukuk berdenominasi Rupiah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan dukungan Prosperity Fund dari Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menyelenggarakan lokakarya bertema “Peranan Sukuk berdenominasi Rupiah dalam penyediaan pendanaan jangka panjang di Indonesia”.

Lokakarya ini di hadiri oleh perwakilan senior dari sejumlah Badan Usaha Milik Negara di bidang jasa keuangan, energi, konstruksi dan sarana dan prasarana perhubungan. Sejumlah emiten di pasar modal Indonesia dan perwakilan dari kementerian keuangan juga hadir sebagai peserta di lokakarya ini.

Pembicara dari UK Export Finance (UKEF), lembaga pembiayaan internasional tertua di dunia yang didirikan oleh pemerintah Inggris tahun 1919, menjelaskan pengalaman U

KEF melakukan penjaminan terhadap sukuk yang diterbitkan oleh salah satu maskapai penerbangan di Timur Tengah.

BUMN dan korporasi di Indonesia dapat memanfaatkan skema penjaminan dari lembaga keuangan internasional seperti UKEF untuk meningkatkan keyakinan investor untuk berinvestasi di sukuk korporasi Rupiah.

Disisi lain, Direktur Eksekutif Standard Chartered Dubai berbagi pengalaman globalnya membantu keberhasilan kliennya menerbitkan sukuk berdenominasi mata uang lokal.

Direktur CIMB Sekuritas melengkapi diskusi dengan perspektif lokal. Beliau menjelaskan faktor-faktor yang mendukung kesuksesan penerbitan sukuk Rupiah oleh PT. XL Axiata sebesar Rp 1,5 triliun, salah satunya adalah insentif yang diberikan oleh OJK, di penghujung tahun 2015.

sukuk, Otoritas Jasa Keuangan (OJK),  Badan Usaha Milik Negara di bidang jasa keuangan, Peranan Sukuk berdenominasi Rupiah

Lokakarya ini diharapkan dapat membantu upaya OJK memperdalam pasar sukuk korporasi nasional yang saat ini baru mencapai 3.3 persen dari total nilai surat utang yang beredar di Indonesia.

Inggris, sebagai negara non-muslim pertama yang menerbitkan sukuk Negara sebesar £200 juta di tahun 2014 dan dengan lembaga keuangannya yang memiliki pengalaman dan keahlian internasional dalam penerbitan sukuk, selalu siap bekerja sama dengan OJK dan korporasi/BUMN dalam pengembangan pasar sukuk rupiah korporasi di Indonesia. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari