Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Apa yang Ada dalam Benakmu Tentang Pegadaian?
Jumat, 15 Januari 2016 09:30 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Apa yang ada dibenakmu tentang Pegadaian? Pertanyaan ini dilontarkan Deputy Bisnis PT Pegadaian (Persero) Wilayah Jakarta Selatan saat menjadi pembicara dihadapan ratusan peserta Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pertanyaan ini penting, menurut Cahya, untuk mengetahui seberapa jauh masyarakat memahami dan mengetahui perkembangan PT Pegadaian (Persero) saat ini. Seperti yang ia duga, sebagian besar audiens menjawab pertanyaan Cahya dengan menyatakan bahwa Pegadaian tempat untuk menggadai, tetapi secara berkelakar ada audiens yang menjawab Pegadaian tempat orang-orang susah/orang miskin menggadaikan barang. 

Sucahya tak menampik bahwa masih ada persepsi semacam itu yang berkembang di masyarakat. Bahkan, menurutnya, yang memiliki persepsi lebih lebih burukpun juga masih banyak, dan malu kepada tetangga jika harus datang ke Pegadaian, jika karena tidak terpaksa, atau ingin cepat-cepat harus mendapatkan uang dengan cepat untuk sebuah keperluan. Pedahal, menurut Cahya, Pegadaian kini sudah sangat jauh berubah dibandingkan dengan dahulu.

Pegadaian, lanjut Cahya,  telah menjelma menjadi institusi jasa keuangan modern, setaraf dengan jasa keuangan lainnya, yang melayani berbagai kebutuhan masyarakat. Bahkan Pegadaian, lanjutnya kini telah memiliki jasa keuangan dan bisnis terpadu yang memiliki produk berupa pembiayaan baik berupa  gadai,  dan kredit bagi pengusaha mikro dan kecil, investasi emas, dan aneka jasa payment dan remittance.

Sejak didirikan hingga kini, Pegadaian sebenarnya sudah banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Tetapi karena kurangnya informasi, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui reformasi dan inovasi perusahaan ini.  Setelah tahun 1990, ketika perkembangan teknologi sudah maju, Pegadaian mengembangkan layanannya menjadi lebih modern setara dengan jasa keuangan lainnya. Pengembangan usaha juga makin intensif. Lebih berubah lagi semenjak 2012, layanan dan inovasi produk jasa keuangan makin ditingkatkan.

pegadaian, Deputy Bisnis PT Pegadaian (Persero) Wilayah Jakarta Selatan, Cahya,

Bagi masyarakat yang telah menggunakan jasa layanan PT Pegadaian (Persero), persepsi lama tentang Pegadaian sudah berubah total, merupakan institusi jasa keuangan modern yang memiliki 4600 outlet yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, seperti yang tercermin dalam visinya sebagai solusi bisnis terpadu terutama berbasis gadai yang selalu menjadi market leader dan mikro berbasis fidisia selalu menjadi yang terbaik untuk masyarakat menengah bawah.

Visi baru Pegadaian telah direspon positif oleh masyarakat, dan  hal tersebut tercermin dari hasil survey sebuah lembaga survey independen yang dilakukan pada bulan Agustus 2014 lalu. Survey itu secara mengejutkan menunjukkan bahwa mayoritas  nasabah Pegadaian berpendidikan D3 dan Sarjana, yaitu sebanyak 50%, dan 43 % berpendidikan SLTA, dan hanya sebagian kecil yang berpendidikan SD dan SLTP. Data lain yang cukup menggembirakan, menurut Cahya, adalah berdasarkan survey tersebut nasabah Pegadaian adalah ibu rumah tangga yang juga  berprofesi sebagai pengusaha sebanyak 66%, selanjutnya diikuti oleh nasabah yang berprofesi sebagai karyawan. Dilihat dari usia nasabah, ternyata usia nasabah Pegadaian sebanyak 72% berusia 25 tahun – 45 tahun.  Bagaimana dengan anda?

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari