Tanggal Hari Ini : 19 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Peran BRI Unit di Mappi, Papua
Rabu, 08 April 2015 04:00 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Mappi, adalah sebuah kabupaten baru di Papua. Memiliki 10 distrik, 136 kampung, dan 1 kelurahan, dengan Kota Kepi yang berada di distrik Obaa sebagai ibukota kabupaten.

Potensi ekonomi Mappi cukup besar, karena daerah ini adalah penghasil kayu gaharu dan gambir terbesar di Papua. Selain itu, Mappi juga penghasil produk kayu seperti jenis uli, meranti, dan beberapa kayu hutan lainnya.

Namun karena Mappi juga memiliki wilayah perairan, seperti laut, danau dan sungai, penduduknya banyak juga yang bekerja di sektor perikanan.  Sebagian besar Masyarakat Mappi masih mengkonsumsi sagu sebagai sumber makanan sehari-hari. Namun bahan seperti umbi-umbian, jagung, kacang tanah, dan kacang hijau juga banyak dibudidayakan.

Potensi perkebunan yang dibudidayakan oleh masyarakat antara lain kopi, karet, kelapa,  jambu mete, kakao, cengkeh, dan kapuk.

Infrastruktur pembangunan di Mappi belum sepenuhnya merata. Banyak jalan yang belum beraspal, terlebih jalan penghubung antar distrik.

Namun untuk mencapai Mappi, dengan Kepi, sebagai ibukotanya, ada pesawat udara kecil  dengan waktu tempuh 2 jam dari Merauke untuk menuju ke sana. Ada pilihan menggunakan moda transportasi darat tetapi waktu tempuh yang diperlukan bisa memerlukan waktu 12 jam lamanya. Hal itu karena  kondisi jalan tanah yang berlumpur dan harus menyeberangi 2 sungai, dan rawa-rawa.

Komunikasi melalui telepon hanya tersedia untuk masyarakat yang berada di Kepi, sementara di distrik lain masih belum tersedia, demikian juga dengan pelayanan listrik PLN yang hanya tersedia pada malam hari, yaitu dari jam 18 hingga jam 24.00 WIT. Kondisi Kabupaten Mappi yang kadang sulit ditempuh jika sedang musim penghujan menyebabkan harga-harga kebutuhan hidup di Mappi cukup mahal dibandingkan dengan daerah lainnya.

Ekonomi Mikro, Peran BRI Unit di Mappi, Papua, Bisnis Online, Entrepreneurship, Ide Bisnis, Info Product, Info Usaha, Keuangan, Peluangan Usaha, Profile Sukses, Waralaba

Kehadiran BRI Unit di Mappi

BRI Unit Mappi berdiri sejak tanggal  2 Januari 2004. Kehadirannya untuk memberikan pelayanan  kepada para nasabah di dearah pemekaran tersebut.

Selain BRI Unit, BRI juga membuka  Teras Bri dan melengkapinya dengan ATM agar masyarakat mudah bertransaksi.

Menurut  Kepala Unit BRI Mappi, Kurniasari, saat ini jumlah nasabahnya terus berkembang, mencapai 8000an nasabah.

Wanita kelahiran Ujung Pandang ini mengaku cukup kerasan dan menikmati hidup  di Mappi. Ia bahkan menyatakan sudah menyatu dengan kehidupan masyarakat setempat.

Saat menjalankan tugas,  tidak jarang Kurniasari harus berkunjung ke nasabah dengan menggunakan sepeda motor dengan jarak tempuh jalan darat yang kadang berlumpur dengan waktu tempuh berjam-jam lamanya.

Namun ia bangga dapat memberikan layanan perbankan didaerah yang relative terpencil di wilayah Indonesia ini, agar usaha mikro dan kecil masyarakat setempat dapat berkembang segera.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari