Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Bank OCBC NISP Tumbuhkan Jiwa Social Entrepreneurship Generasi Muda
Senin, 10 Juni 2013 12:21 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Seperti kita ketahui, ”Bisnis = Profit”, artinya dimana ada bisnis pasti berharap akan adanya profit. Lalu, bagaimana dengan sebuah keyakinan sederhana ”The More You Give, The More You Get”?.  Nah, gabungan kedua konsep berpikir inilah (bisnis + spirit of giving) yang dewasa ini kita kenal deng-an istilah social entrepreneurship.
    Berbagai ilmu dan sharing mengenai Social Entrepreneurship inilah yang diperoleh sejumlah mahasiswa dan komunitas anak jalanan melalui Young Entrepreneurship Spirit (YES) Workshop Bank OCBC NISP.
    Workshop yang diselenggarakan pada tanggal 17 – 19 Mei 2013 yang lalu di OCBC NISP Learning Center (ONLC) – Bandung, bertujuan untuk membuka mindset dan menumbuhkan semangat sociopreneur generasi muda agar kelak meraih sukses, tidak hanya untuk diri sendiri namun masyarakat sekitar.
    YES Workshop terselenggara berkat kerjasama yang baik dengan Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) dan Yayasan Kampus Diakonia Modern (KDM), sebagai koordinator yang mendatangkan para peserta dan MarkPlus Institute sebagai fasilitator workshop.
    Tercatat 65 peserta dari 9 perguruan tinggi yaitu : Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI) – Jakarta, Universitas Padjajaran (UNPAD) – Bandung, Insitut Teknologi Surabaya (ITS) – Surabaya, Universitas Andalas (UNAND) – Padang, Universitas Sumatera Utara (USU) – Medan, Universitas Udayana (UNUD) – Denpasar, Universitas Gajah Mada (UGM) – Yogyakarta.
    Dan satu kampus yang tidak mau ke-tinggalan yaitu Kampus Diakonia Modern (KDM) – Jakarta, yaitu sebuah kampus non formal yang khusus menampung anak-anak jalanan untuk dididik menjadi anak-anak yang mandiri.
Workshop selama 3 (tiga) hari dipandu oleh MC, Fauziah – Corpotate Communication Division dan dibuka secara resmi oleh Tina Tjintawati selaku Corporate Communication Division Head.
    Dalam sambutannya Tina mengungkapkan perasaan bangga dengan semangat para peserta, di usianya yang masih muda bahkan masih duduk di bangku kuliah, mereka sudah berani berwirausaha, baik masih wacana bahkan sudah merintis.
    Hengky Purwowidagdo selaku Chief Operating Officer Yayasan KSE, mewakili para peserta mengucapkan terima kasih kepada Bank OCBC NISP atas kerjasama yang baik selama ini dalam hal beasiswa bagi para mahasiswa dan terutama atas terselenggaranya YES Workshop ini.  Ia berharap workshop ini menjadi permulaan yang baik dari keberlanjutan program ini di kemudian hari.
    Sementara itu, Rama Pranata Kusumaputra selaku Direktur Bank OCBC NISP pun turut hadir untuk sharing kepada para peserta di hari pertama workshop berlangsung.


    Berulang kali Rama mengungkapkan perasaan bangga melihat keberadaan para peserta sebagai anak muda dengan berbagai bisnis maupun wacana bisnisnya, yang kelak menjadi pendobrak ekonomi dan kesejahteraan bangsa.
    Hadir pula pada workshop ini, A-rief Wana selaku Vice Chief Executive Yayasan KSE. Ia  secara khusus hadir selain mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat serta memberikan semangat kepada para peserta untuk mengikuti workshop ini dengan baik dan penuh antusias.
    Salah satu aktivitas yang sangat berkesan bagi para peserta yaitu Field Trip. Pada sesi ini, seluruh peserta dibawa ke sebuah pasar (dibagi menjadi dua kelompok, yaitu ke Pasar Sederhana dan Lembang). Tanpa modal sepeser pun, mereka secara individu harus dapat menjual barang (tidak boleh berupa jasa) dan menghasilkan keuntungan.
    Waah..sulit ya sepertinya.. Dan hasilnya? Mulai dari Rp2.000,- hingga Rp30.000,-. Ada juga yang nihil. Yah..seberapapun hasil yang diperoleh, yang pasti mereka mendapatkan pengalaman luar biasa. Melalui aktivitas ini mereka belajar bahwa modal bukan penghalang utama untuk berbisnis asal ada kemauan dan berusaha. Selain itu, mereka belajar betapa pentingnya mendapatkan kepercayaan dari orang lain dan bagaimana berkomunikasi (menjual) yang menarik konsumen untuk membeli.
    Paulus Agus Tjarman selaku Senior Corporate Excecutive, Bank OCBC NISP berpesan ‘kita jangan cepat menyerah sebelum berusaha semaksimal mungkin dan selalu sertakan doa dalam setiap usaha yang kita lakukan’. n Team CSR  Bank OCBC NISP

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari