Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
masyarakat Kian Bersemangat Melirik Emas
Kamis, 19 Juli 2012 09:52 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Masyarakat kian bersemangat melirik emas sebagai instrument investasi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya permintaan emas, dan dijadikannya emas sebagai instrument investasi yang cukup menguntungkan saat ini.

Meningkatnya permintaan emas oleh masyarakat tersebut dimanfaatkan oleh perbankan nasional dan PT Pegadaian untuk menyediakan jasa produk penjualan emas baik secara tunai maupun kredit.

Perbankan nasional, khususnya yang syariah kini semakin melirik produk gadai emas, melalui produk gadai emas, perbankan juga tertarik menjual produk Kepemilikan Logam Mulia (KLM).

Ketertarikan perbankan untuk menjual produk KLM didasari atas pertimbangan jangka panjang harga emas yang cenderung naik, sementara emas juga dapat berfungsi sebagai produk yang memiliki fungsi melindungi asset dari inflasi, serta likuid, dalam arti mudah dijual jika sewaktu-waktu diperlukan. Fungsi lindung nilai yang ada pada emas dapat dilihat dari besaran ongkos/biaya menunaikan ibadah haji dari tahun ke tahun. Jika dihitung besaran biaya haji terus meningkat tetapi jika di konversikan  dengan emas maka biaya haji cenderung menurun.

Memiliki emas memang bisa diartikan sebagai sebuah investasi cerdas. Pada saat perekonomian sedang kurang kondusif, harga emas jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan memegang uang tunai. Hal ini dipicu juga dengan setiap tahun fluktuasi harga emas cenderung bergerak mengalami kenaikan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan harga emas terus bergerak naik. Pertama,  tidak seimbangnya permintaan dan produksi emas, bukan hanya di tingkat regional tetapi global.  Jadi emas tetap langka.

Kedua, ekonomi dunia yang semakin tidak menentu membuat harga emas melambung. Keempat, faktor  explorasi tambang untuk memperoleh emas kini semakin mahal dan membutuhkan investasi yang sangat mahal.

Kini masyarakat bisa mendapatkan produk  KLM dengan cara mencicil setiap bulan. melalui skema pinjaman Qardh dan ijarah, dengan down payment (DP) sebesar 15-20 persen dari nilai emas. Dengan skema ini nasabah dapat melakukan pembayaran secara angsuran sekaligus jasa pemeliharaan emas akibat emas yang di jaminkan. Di harapkan pada saat pinjaman lunas, maka harga emas secara jangka panjang akan naik.

 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari