Tanggal Hari Ini : 19 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Semua Itu Sulit, Sebelum Menjadi Mudah
Senin, 24 Oktober 2011 10:05 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Sekali lagi saya ingin tegaskan, memperoleh kredit di bank bukanlah sesuatu yang sulit. Jika sekarang ada pertanyaan, kredit di bank gampang, tetapi buktinya kok banyak yang masih belum bisa memperoleh kredit?

Anggapan bahwa bank sebagai satu-satunya institusi jasa keuangan, dan satu-satunya lembaga yang dapat memberikan kredit dan sumber pembiayaan juga merupakan sebuah anggapan yang tidak tepat.

Jika sejak awal seorang pengusaha sudah memahami bahwa untuk mengembangkan usaha bahwa faktor modal bukan segala-galanya, karena masih banyak faktor-faktor lainnya seperti manajemen, sumberdaya manusia, teknologi, pemasaran, dan lainnya maka seorang pengusaha juga tidak memaksakan untuk memperoleh modal dari bank, karena masalahnya bukan itu, kalau mau mempercepat pengembangan usaha ia tahu bahwa faktornya bukan semata-mata kredit modal dari perbankan saja.

Jarang para pengusaha menceritakan kisah suksesnya memperoleh kredit dari bank. Alasannya sederhana. Kesuksesan memperoleh kredit dari bank adalah pengalaman yang membanggakan, dan biasanya tidak semua orang memperoleh kredit di bank dengan mudah. Kemudahan-kemudahan seperti itu biasanya merupakan pengalaman yang enggan diceritakan oleh pengusaha satu dengan lainnya.

Soal Kredit, Bank Lebih Rijit 

Di tulisan lalu saya katakan, memperoleh kredit tidak sulit. Tetapi jika berbicara kredit, ada bermacam-macam kredit, jenis kredit, dan kegunaan kredit. Setiap perbankan juga memiliki jenis kredit yang berbeda-beda, dengan ketentuan yang berbeda pula.

Untuk memperoleh kredit juga harus memiliki persyaratan tertentu yang sangat rijit, sudah akil bailq, serta adanya perjanjian yang detail dan bahkan ada bank yang menerapkan pemberian kredit berdasarkan azas domisili, misalnya sebuah bank yang berada di wilayah kerja Jakarta Selatan hanya melayani kredit di wilayah Jakarta Selatan, karena berkaitan dengan masalah hukum yang diberlakukan jika suatu saat masing-masing kedua belah pihak ada masalah.

Rijit itu juga dilakukan oleh bank jika calon nasabah yang datang  itu tidak tepat sasaran. Namun jika tepat sasaran, semua cocok, kredit akan lebih cepat dan lebih mudah dikucurkan. Tamsil ini sama seperti anda yang akan membeli baju. Jika dari rumah anda sudah mengetahui ukuran, merek, serta warna yang akan dipilih, datang ke toko baju pasti lebih mudah prosesnya, dibanding anda  yang ingin membeli baju tetapi masih bingung, jenis baju apa yang akan dibeli, termasuk warna dan ukurannya.

Mengapa bisa mudah dan cepat?  Karena kedudukannya nasabah dan bank  adalah setara,  sama-sama membutuhkan. Bank bukan berarti tidak butuh anda, juga bukan tidak memerlukan anda. Namun jika yang datang yang tidak sesuai sasarannya, maka bank sangat rijit meminta syarat hingga anda memahami bahwa anda memang bukan sasaran mereka. Sayangnya bank tidak pernah menceritakan hal ini kepada anda.

Perbankan memiliki pilihan harus mencari calon nasabah yang tepat sasaran. Soal tepat sasaran ini, nasabah juga jangan memaksakan diri jika ia bukan sasaran dari perbankan tersebut. Misalnya, jika mau mengambil kredit property,  lebih mudah mencari kredit yang memiliki layanan kredit property dibanding bank lain yang tidak memilikinya. Demikian juga dengan kredit-kredit lain.

Mencari Bank Pilihan 

Kredit berfungsi memperbesar kapasitas usaha itu betul. Karena itu bank sangat memperhatikan hubungan kredit dengan ukuran, volume, serta proyeksi usaha yang akan dijalankan dengan kredit yang diberikan oleh perbankan.

Banyak industri perbankan yang menawarkan berbagai kelebihan dari produk-produk yang dimiliki sebuah perbankan. Tetapi sebagai pengusaha anda juga memiliki kebebasan untuk memilih produk yang tepat bagi usaha anda. Sama seperti anda yang memiliki uang, kemudian menginginkan handphone yang mana yang ada di pasaran yang akan anda beli.

Perbankan selalu mencari pasar yang tepat, anda sering mencari kredit yang mudah,  tepat waktu, kalau perlu waktu pengurusannya singkat.  Di situlah uniknya mendapatkan kredit dari perbankan.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari